Apa Yang Dilakukan Klub Bundesliga Saat Jeda Musim Dingin?

Bundesliga, FC Koln vs Freiburg, Ruckrunde

Lapangan diselimuti salju saat FC Koln vs Freiburg musim ini

Banyak yang masih bertanya tentang diadakannya jeda musim dingin, dimana ada istrahat panjang untuk pemain sepak bola antara pertandingan, cuti pendek untuk mengisi ulang baterai sebelum kembali ke pertandingan sehari-hari memenangkan permainan. Namun pada dasarnya, sepak bola berhenti karena cuaca sangat dingin.

Dengan suhu rata-rata di bulan Januari di bawah titik beku di Jerman, masuk akal untuk mengambil nafas saat bola salju lebih mudah ditendang daripada bola kaki, dan ke permainan dilapangan mungkin lebih memerlukan sepatu es daripada sepatu bola. Kemungkinan pemain untik mendapatkan cedera lebih besar dan dan penggemar juga tak bisa melihat para jagaoan mereka beraksi.

Contohnya Bayern Munich. Dari pertandingan terakhir mereka menghadapi  Borussia Dortmund Klassiker pada tanggal 21 Desember pukul 02.45 WIB, mereka masih memiliki kurang lebih 23 hari menjelang pertandingan berikutnya menghadapi Bayer Leverkusen pada tanggal 13 Januari pukul 02.30 WIB.

Itu mungkin berita bagus bagi penggemar, karena jeda waktu tersebut bisa membuat klub favoritnya memperbaiki diri, namun bagi para pemain sepak bola, jeda tersebut sangat singkat sebelum mereka mulai berlatih lagi.

“Karena Piala Dunia, Bundesliga akan segera dimulai lagi sehingga apa yang disebut ‘waktu persiapan’ di tahun-tahun sebelumnya tidak tersedia bagi kita sebelum Ruckrunde (tengah musim kedua) ini,” jelas bos Bayern Jupp Heynckes.

Tahun lalu, liburan musim dingin berlangsung hampir sebulan dari tanggal 21 Desember hingga 20 Januari, dan kampanye 2015/16, yang berakhir dengan UEFA EURO 2016. Tapi skala Piala Dunia membutuhkan waktu lebih lama untuk bermain, dimana Piala Duina melibatkan 32 tim, sementara EURO 24 tim. Ini berarti jeda akhir kampanye musim ini dan permulaan musim depan diperlebar dan membuat  jeda musim dingin ini diperpendek.

Jadi, apa yang tim akan lakukan?

Umumnya, setelah jeda musim dingin, pusat pelatihan sekitar Eropa selatan, bisa dimulai pada awal Januari. Tapi klub Bundesliga berarti memiliki rencana yang biasa telah diatur. Bayern akan melakukan perjalanan ke Qatar, sementara sembilan rival mereka akan melakukan perjalanan lebih pendek ke Spanyol, meski menambah level energi adalah prioritas.

“Kami melihatnya sebagai keuntungan besar jika tim bersama selama beberapa hari memusatkan perhatian pada Ruckrunde,” ungkap Genaral Manajer Augsburg Stefan Reuter, yang pemainnya benar-benar akan mulai berlatih lagi sebelum 1 Januari, sama seperti rekan mereka Hannover. “Dan kondisi iklim di Tenerife (Spanyol) hanyalah yang terbaik.”