Dipuji Media, Jean-Louis Gasset Berharap Timnya Bisa Lebih Baik Lagi

Pelatih baru Saint Etienne yaitu Jean-Louis Gasset, sempat dipuji oleh beberapa media sehubungan dengan kepemimpinannya mengasuh The Verts sejak pertengahan November lalu, menggantikan Oscar Gracia yang mengundurkan diri setelah membawa timnya kebobolan lima gol tanpa balas saat menghadapi Lyon. Namun saat ini ia hanya bisa berharap timnya lebih baik lagi saat menghadapi lawan berat di depan mata, yaitu Dijon.

Ia pun mengungkapkan perasaannya setelah diangkat menjadi kepala pelatih, dimana sebelumnya ia menjadi asisten pelatih ditahun lalu. “Itu menyenangkan saya tentu saja, tapi di bidang pekerjaan ini saya tahu bahwa itu bisa berubah dengan cepat, jadi saya menjaga segala sesuatunya dalam perspektif.”.

Pertandingan Lyon vs St Etienne Februari 2018

Pertandingan Lyon vs St Etienne Februari 2018

Pelatih berpengalaman berusia 64 tahun itu mengungkapkan rencananya untuk melakukan yang lebih baik saat menghadapi Dijon setelah mereka bermain imbang menghadapi tim yang memiliki peringkat diatasnya yaitu Lyon pada putaran lalu.” (Saat menghadapi Lyon) Kami memiliki Rencana A yaitu tidak akan menelan gol sebelum menempatkan tekanan lebih pada Lyon menjelang akhir pertandingan. Tapi kami tertinggal (dimenit ke-19) dan Stéphane Ruffier (kipernya) memblokir usaha keras untuk menghindari keunggulan 2-0 bagi Lyon, yang akan memberi isyarat di akhir pertandingan bagi kami. Kemudian, dengan cara yang paling menakjubkan, kami berhasil mencetak gol meski kami seharusnya bisa berhasil menyelesaikan ini sebelumnya, kami akan lebih ambisius menjelang akhir pertandingan.”.

Ia pun mampu membawa timnya tak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir dengan lawan berat seperti Marseille dan Lyon. Ia mengatakan, Keyakinan kita kembali tapi kita tidak bisa puas dengan peran reaktif. Kami membalikkan keadaan di papan klasemen setelah menghadapi Caen, kemudian berhadapan dengan Marseille dan Lyon. Tapi hari ini kami harus membawa permainan lebih ke lawan kami jika kami ingin mengubah segalanya. Itu kebetulan itu yang kami kerjakan selama sesi latihan kita. Kami berada di jalur yang benar tapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.”

Kondisi tersebut disadarinya terutama sejak awal tahun ini, dengan beberapa pemain baru yang masuk ke klub. Ia mengatakan “ Kedatangan banyak pemain yang pengalaman dan profesionalisme telah mengubah situasi kita. Mereka adalah contoh bagi pemain lainnya. Seorang profesional sejati merawat tubuhnya karena itulah yang dia gunakan di tempat latihan dan jika pemain ini memiliki karir bagus, itu karena profesionalisme ini. Hari ini, saya melihat perilaku para pemain berubah. Kami mendapatkan kepercayaan diri dan mulai menyerupai tim yang sebenarnya.”.

Jean-Louis Gasset pelatih st etienne diwawancarai

Jean-Louis Gasset pelatih St Etienne diwawancarai

Meskipun demikian Ia hanya berharap dampaknya akan berpengaruh dengan cepat dan mengatakan,  “Saya tahu pemainnya belum 100%. Kita tidak bisa memaksa mereka! Karena alasan inilah banyak pemain memiliki jadwal yang disesuaikan karena mereka sangat ingin sukses. Satu-satunya yang benar-benar ada dalam situasi ini adalah Debuchy, kami bahkan harus menghentikannya melakukan terlalu banyak. Tapi itu menjelaskan mengapa dia sudah mencetak dua gol. Ini adalah pemain yang lapar yang sukses”.

Mantan pelatih Montpellier dan Caen, sempat mengakui ingin segera membawa timnya ke papan atas klasemen dan mengatakan, “Saya berharap momen itu akan terjadi setelah Sabtu malam (waktu setempat, Minggu pagi WIB) tapi saya tahu bahwa pertandingan melawan Dijon tidak akan mudah. Kami akan bermain melawan tim dengan garis ofensif terbaik ke-5 di Liga. Mereka telah mencetak 10 gol lagi dan berada lebih tinggi peringkatnya daripada kami. Itu berarti mereka adalah tim berkualitas tinggi, itu jelas. Jadi kita harus mewaspadai mereka! Kami hanya memiliki 34 poin dan hanya ada 11 pertandingan tersisa: jadi kami bisa memperoleh poin yang hampir sama seperti yang sudah kami miliki. Begitu kita memiliki 42 poin, kita akan melihat apakah kami bisa meraih posisi ke 5 atau ke 6 di papan klasemen. Untuk saat ini, kita harus terus mendapatkan poin.”.

Baca juga : Prediksi Skor akurat St Etienne vs Dijon 4 Maret 2018

Tentu tugas Jean-Louis Gasset cukup berat setelah tim tersebut ditinggalkan oleh Oscar Gracia dimana ia belum mengenal timnya lebih baik. Namun, Ia tetap berharap timnya mendapatkan momentum saat menghadapi Dijon, yang tangguh di mulut gawang lawannya.