Eks Wasit Liga Inggris : Salah Tidak Diving Dan Liverpool Layak Dapat Penalti

Mohamed Salah diving

Mantan wasit Liga Inggris, Dermot Gallagher menyebut keputusan pengadil lapangan untuk memberikan penalti pada Liverpool di pertandingan kontra Cardiff City memang sudah benar.

Liverpool berhasil meraih kemenangan 0-2 saat bertandang ke kandang Cardiff City pada pekan ke-35 Liga Inggris hari Minggu (21 April 2019) malam kemarin. Gol pertama dicetak oleh Georginio Wijnaldum.

Sementara itu gol kedua tercatat atas nama James Milner pada menit ke-81. Hadiah tendangan titik 12 pas itu diberikan wasit Martin Atkinson setelah ia melihat Mohamed Salah terjatuh setelah dilanggar oleh Sean Morrison.

Banyak yang menyebut Salah melakukan diving untuk mendapatkan penalti. Namun banyak juga yang membelanya karena dalam tayangan ulang terlihat jelas bahwa Morrison terlihat berusaha menahan pemain asal Mesir itu dengan kedua tangannya.

Keputusan yang Benar
Keputusan ini akhirnya mendapatkan penilaian dari Dermot Gallagher. Pria asal Inggris ini mengatakan bahwa penalti yang diberikan oleh Atkinson memang sudah tepat.

“Dengan 10 menit tersisa di Stadion Cardiff City, Sean Morrison terlihat menjatuhkan Mohamed Salah di dalam kotak penalti. Wasit memberikan hadiah penalti, yang dikonversi James Milner,” ucap Dermot Gallagher pada Sky Sports.

“Saya pikir itu pelanggaran dan penalti. Jika Anda merangkul seseorang seperti itu, Anda harus siap dengan risiko. Untuk menahan mereka selama yang ia lakukan itu, saya rasa keputusan yang paling tepat bagi wasit adalah memberikan pelanggaran. Ia tidak harus menunggu sampai Mo Salah terjatuh, jika ia meniup peluit sebelumnya, itu mungkin akan berhenti,” tuturnya.

Sindiran Pelatih Cardiff City
Sementara itu setelah pertandingan, aksi diving Salah disindir oleh manajer Cardiff City, Neil Warnock. Ia menyebut mantan winger AS Roma dan Chelsea itu beraksi mirip penyelam olimpiade Inggris, Tom Daley.