Kans Tottenham Akhiri St. Totteringham’s Day

Tottenham Hotspur punya kesempatan besar untuk finis di atas Arsenal di akhir musim ini. Mereka berpeluang melakukan sesuatu yang belum pernah mereka dapatkan setelah lebih dari dua dekade. Namun hal itu tidak menjadi fokus Tottenham.

Kemenangan tipis 1 – 0 yang didapat oleh The Liilywhites atas Crystal Palace, Kamis (27 April 2017) dinihari WIB, membuat tim asuhan Mauro Pochettino kini mengumpulkan 74 poin dari 33 laga, untuk duduk di posisi dua dengan berjarak empat angka dari pemuncak klasemen Chelsea.

Sementara itu, The Gunners duduk di posisi enam dengan perolehan 60 poin dari 32 pertandingan, membuat tim Arsene Wenger itu maksimal hanya akan mengumpulkan 78 poin di akhir musim. Artinya, Tottenham tinggal butuh tambahan beberapa poin saja untuk memastikan bisa menyudahi musim ini di atas Arsenal.

Mengapa hal itu akan terasa istimewa? Faktanya The Gunners selalu bisa finis di atas The Lily Whites, sejak tahun 1995 silam. Fans Arsenal sampai membuat ‘St. Totteringham’s Day’, sebagai sindiran, untuk menandai hari ketika Tottenham secara matematis tak lagi bisa finis di atas mereka di Premier League.

Nah, sekarang ini Tottenham bahkan sudah punya kesempatan emas untuk memastikan finis di atas The Gunners saat kedua tim berduel di White Hart Lane, Minggu (30 April 2017) di partai derby London Utara.

Poin penuh untuk Harry Kane dan kawan-kawan akan memastikan mereka tidak akan bisa dikejar oleh squad asuhan Wenger di liga musim ini. Poin Tottengan akan jadi 77 sedangkan raihan maksimal Arsenal saat itu cuma 75 angka.

Walaupun demikian, peluang untuk mengakhiri agenda St. Totteringham’s Day yang sudah menjadi rutinitas suporter Arsenal selama 22 tahun tersebut rupanya tidak memotivasi Tottenham. Bukan hal itu yang jadi fokus mereka saat ini.

“Kemungkinan finis di atas Arsenal bukan menjadi motivasi ataupun tujuan kami. Kami hanya fokus untuk berusaha mengalahkan Arsenal. Kita lihat saja apa yang akan terjadi di akhir musim,” ungkap Pochettino dalam Guardian.