Kepergian Dembele Akan Untungkan Pulisic

Ousmane Dembele Christian Pulisic Borussia Dortmund, Ousmane Dembele Christian Pulisic, Borussia Dortmund, Ousmane Dembele, Christian Pulisic Borussia Dortmund, Ousmane Dembele Christian Dortmund, Pulisic Borussia , Budesliga,Liga Jerman

Ousmane Dembele – Christian Pulisic

Penjualan Ousmane Dembele dimusim panas ini menuju Barcelona, ternyata bisa memicu mantan rekan setimnya untuk maju menjadi superstar Dortmund yang baru. Usianya juga sepantaran dengannya bahkan lebih muda dua tahun.

Pemain tersebut adalah Christian Pulisic, pemain berdarah Kroasia yang lahir di Amerika,sempat mengasah dirinya setahun di tim akademi Dormund pada Februari 2015. Dengan performanya saat itu ia akhirnya mendapat kesempatan untuk dimainkan di Bundesliga pertama kalinya setahun kemudian. Dan kini Ia sering dimainkan dan menjadi andalan klubnya.

Dortmund sendiri telah melepaskan pemain andalan lainnya di musim panas lalu yaitu Dembele. Pemain internasional Prancis tersebut menjadi pemain Eropa termahal saat bergabung dengan Barcelona, namun kepergiannya dari Bundesliga sangat bagus untuk penggantinya.

Ketika Dortmund menghadapi Bayern Munich di DFL Supercup Agustus lalu, Dembele berhasil mencetak angka untuk timnya melalui tendangan penalti namun Pulisic juga menghasilkan angka bahkan tak melalui penalti. Ia menjebol gawang untuk meraih angka pertama dipertandingan itu dimenit ke 12.

Dua minggu kemudian saat Dortmund memulai musim Bundesliga mereka, Dembele melakukan aksi mogok latihan saat ia ingin pindah ke Barcelona dan membuatnya diskors. Namun Pulisic yang diturunkan dipertandingan pedana Bundesliga, mampu mencetak gol pembuka setelah mendapatkan umpan dari Mario Gotze dan menyarangkannya ke kiri gawang. Selain itu ia juga memberikan umpan matang kepada rekannya yaitu Pierre-Emerick Aubameyang dipertandingan itu.

Dampak Pulisic di Jerman sepertinya cukup fenomenal. Dia sudah terlibat dalam 18 gol dalam 15 pertandingan untuk tim muda mereka, mendapatkan promosi ke tim utama, di mana pada bulan April 2016 dia menjadi pemain termuda non-Jerman yang mencetak gol di Bundesliga. Setelah bermain sembilan pertandingan liga di musim pertamanya, Pulisic menjadi lebih terlibat di bawah Thomas Tuchel tahun lalu, namun hanya 15 dari 29 permainannya yang diraih berkat banyaknya pemain menyerang Dortmund.

Kehadiran Dembele di sisi kanan lapangan musim lalu membaksa Tuchel membawa Pulisic ke dalam menit akhir atau mengerahkannya dalam posisi yang lebih ketengah. Namun, dengan pindahnya pemain asal Prancis ke Camp Nou, Pulisic bisa memantapkan posisi sayap kanan untuknya. Tidak hanya itu, kemampuannya yang murni dan bakatnya yang luar biasa membuat Pulisic bisa menjadi superstar baru Dortmund menggantikan Dembele.

Meskipun hanya baru tiga pertandingan dimusim ini, statistik Pulisic telah menunjukkan peningkatan dramatis dibandingkan musim lalu. Dia telah mengesankan saat dipilih dari bangku cadangan, menghasilkan tiga gol dan enam assist dibandingkan Dembele yang telah menyumbangkan enam gol dan 12 assist pada kampanye 2016-17.

Passing Pulisic juga meningkat menjadi 83% dibanding musim lalu yang sebesar74%,padahal Dembele mengakhiri kampanye dengan tingkat keberhasilan 67% saja.  Umpan silangnya juga telah meningkat. Tapi penyerang tersebut masih belum puas dengan outputnya saat ini. Setelah mencetak gol di pembuka liga, Pulisic menambahkan golnya dan berharap untuk lebih berkembang lebihi jauh di bawah asuhan manajer baru.