Kesuksesan Chelsea Bukan Sepenuhnya Karena Pengaruh Conte

Ricardo Carvalho tidak sepenuhnya yakin jika Antonio Conte adalah faktor utama di balik keberhasilan Chelsea di musim ini. Menurut Carvalho, kesuksesan yang diraih Chelsea di musim ini karena memang pemain-pemain yang mereka miliki itu sangat berkualitas.

Conte datang ke Chelsea pada awal musim ini. Manajer berkebangsaan Italia itu menjabat sebagai manajer setelah The Blues tampil buruk di musim lalu dengan hanya finis di posisi ke-10, padahal mereka adalah juara bertahan dan mendepak Jose Mourinho di pertengahan jalan.

Awalnya Conte tidak langsung menemukan ramuan yang jitu dalam membentuk formasi permainan Chelsea. Dia kemudian beralih ke formasi permainan 3-4-3 dan meninggalkan 4-1-4-1 karena gawang mereka sering kebobolan.

Perubahan itu ternyata sangat efektif bagi Chelsea. Hingga kompetisi hampir memasuki akhir, perjalanan The Blues sangat sulit dihentikan dan mengantarkan mereka ke ambang juara.

Akan tetapi, keberhasilan Chelsea mendekati gelar juara dinilai oleh Carvalho bukan sepenuhnya karena Conte. Mantan bek Chelsea itu menilai bahwa squad peninggalan Mourinho memang diisi oleh pemain-pemain berkualitas.

“Sebenarnya Chelsea sudah diperkuat oleh pemain-pemain hebat. Mereka jadi juara bersama Jose Mourinho. Musim berikutnya berjalan tidak bagus, tapi para pemain yang jadi juara sebagian besar masih ada di sana,” ujar Carvalho dalam sesi wawancara bersama Omnisport.

“Tentu saja Antonio Conte juga punya andil karena dia sedikit mengubah strategi tim dan membuat tim jarang kebobolan, tapi kebanyakan pemain yang juara bersama Jose Mourinho masih ada di sana,” lanjut Carvalho.

Carvalho juga menegaskan bahwa Conte memperoleh di musim perdananya melatih di Premier League. Pemain-pemain yang pernah bekerjasama dengan Mourinho di musim sebelumnya bermain dengan sangat cemerlang di musim ini ini.

“Jadi pemain-pemain yang berkualitas dan bertalenta ada di sana. Dan di musim ini, untungnya, mereka bermain bagus dan akan kembali juara, paling tidak mereka sekarang sudah berada dalam jalur yang tepat,” katanya.