Klopp Minta Jadwal Bola Di Inggris Direvisi

Juergen Klopp

Manajer Liverpool, Juergen Klopp mendesak agar Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) melakukan revisi jadwal permainan, baik itu untuk klub-klub maupun tim nasional. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi pemain.

Klopp mengemukakan pendapatnya itu menyusul cedera yang dialami oleh salah satu pemain kuncinya, Adam Lallana, sepulang dari membela tim nasional Inggris. Lallana mengalami cedera paha dan diperkirakan absen selama empat pekan, yang mana saat ini kompetisi sedang memasuki periode krusial menuju akhir musim.

Klopp menilai kejadian ini adalah imbas dari jadwal yang tidak tersusun dengan cermat. Sebelum jeda internasional, Liverpool menjalani partai ketat melawan Manchester City yang berakhir imbang 1 – 1.

Tidak lama berselang, persahabatan Inggris melawan Jerman berlangsung, yang disusul dengan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 di mana Inggris melawan Lithuania. Lallana tampil di kedua laga tersebut, dengan bermain 66 menit melawan Jerman dan 90 menit saat melawan Lithuania.

Klopp menilai, seharusnya dengan jadwal Premier League yang sudah padat, FA bisa mempertimbangkan laga persahabatan melawan Jerman dengan lebih baik. Namun dia tidak meminta kepada pihak FA saja, dia berharap pihak-pihak lain seperti Premier League, stasiun televisi, dan klub ke depannya bisa merundingkan jadwal lebih baik.

“Ditinggalkan oleh Adam selama empat pekan itu sangat berat untuk kami, itu bisa saja 8 pertandingan. Itu jumlah yang banyak. Memainkan Manchester City dan Liverpool di Minggu malam lalu tim nasional Jerman melawan Inggris pada hari Rabu. Saya tidak bisa menerimanya,” kesal Klopp dikutip Sky Sports.

“Saya rasa kami semua harus melakukan pembenahan, baik itu FA, Premier League, televisi, atau klub-klub karena kami sedang mencoba menjual produk terbaik.”

Di pertandingan persama setelah jeda intersional, Liverpool akan berhadapan dengan Everton di Anfield, Sabtu (1 April 2017) malam WIB akhir pekan ini.