Koordinator Pemuda Dan Manajer U-23 Dortmund Menegaskan Usia Youssoufa Moukoko Sebenarnya

Youssoufa Moukoko Borussia Dortmund, Youssoufa Moukoko, Borussia Dortmund, Bundeliga, liga Jerman

Youssoufa Moukoko Borussia Dortmund

Lars Ricken selaku Koordinator pemuda Borussia Dortmund, tergerak untuk angkat bicara setelah sesama karyawan BVB melemparkan anggapan miring terhadap pemain usia muda yang berusia 12 tahun mereka, yaitu Youssoufa Moukoko. Pasalnya pemain yang bermain di tingkat U-17 banyak yang meragukan usianya tak sesuai dengan performanya yang handal.

Moukoko memang telah membuat dampak mengejutkan di peringkat junior Dortmund. Ia telah membintangi tim Under-17 mereka walaupun ada perbedaan usia yang cukup besar diantara pemain muda lawan dan juga rekan satu timnya.

Dia juga berhasil membuat debut pertamanya di tim nasional untuk Jerman U-16, tapi kenaikan pesatnya membuat beberapa orang skeptis, bahkan di dalam tim Dortmund sendiri. Hal ini membuat Ricken membela wonderkidnya setelah banyak tanda tanya tentang usia yang sebenarnya yang dimiliki Moukoko.

Ia bersikeras bahwa usia Moukoko tidak mewakili performanya saat ini dan ia pun layak untuk diberikan tempat di kelompok yang lebih tinggi.

“Dia berusia dua belas tahun, itu adalah fakta dan tidak ada keraguan tentang hal itu. Beberapa kabar di media tentang dirinya, telah mengecewakan (karena pemberitaan dugaan usianya adalah tak sebenarnya),” kata mantan pemain internasional Jerman tersebut kepada Ruhr Nachrichten.

“Dia bermain di U-17 kami karena kami percaya bahwa dia termasuk dalam kelas usia ini dengan cara yang sportif. Dia bermain dalam tim yang sangat bagus dan memiliki rekan setimnya, siapa yang mendukungnya dengan baik.”

Timo Preus selaku manajer BVB U-23, juga sempat megnatakan kepada Spox, “Dengan Youssoufa, saya bisa membayangkan bahwa usianya hanya asal sebut saja.Mungkin kenyataannya dia berumur satu atau dua tahun lebih tua. Tapi pasti dia bukan 17. Bagi dia sangat sulit, tidak ada yang bisa disalahkan, anak itu tidak melakukan kecurangan atau apapun.”.

Moukoko sempat berlatih sebagai pemain berusia 11 tahun di St Pauli Under-15, dan telah mencetak 21 gol dalam 12 pertandingan. Hal tersebut membuat Dortmund langsung tertarik merkrutnya, di mana ia membintangi lagi pada tingkat usia yang sama. Dengan bermain di U-15 BVB, Moukoko melanjutkan rasio penilaiannya yang luar biasa, menjebol 33 gol dalam 15 pertandingan.

Karena ketajamannya di mulut gawang, menyebabkan wonderkid tersebut dipromosikan ke kelompok usia berikutnya, dimana kini ia bermain untuk U-17. Dan Ia sempat berhasil menghasilkan gol lagi, mencetak dua kali dalam debut liga U-17, dan gol terus berlanjut. Dan yang menarik, dia sempat gagal mencetak gol hanya dalam satu pertandingan saja.