Laporkan Rasisme, Mario Balotelli Malah Mendapatkan Kartu Kuning

Kick It Out yang merupakan sebuah organisasi, yang memerangi perilaku diskriminatif, termasuk rasisme, dalam sepak bola Inggris, merilis sebuah pernyataan pada hari Senin (waktu setempat) tentang hal yang dialami oleh Mario Balotelli. Hal tersebut dikarenakan setelah striker Nice tersebut melaporkan pelecehan rasis yang digaungkan oleh klub lawan, Ia malah diberi kartu kuning oleh sang wasit dan itu tak dapat diterima oleh Kick It Out.

Memang dalam pertandingan hari Minggu kemarin pada pukul 02.00 WIB, Nice bertandang ke markas Dijon di Stade Gaston Gérard untuk menjalani pertandingan putaran ke 25 di kompetisi Ligue 1. Namun walaupun Nice cenderung lebih unggul baik dalam hal penguasaan bola dan menciptakan peluang, namun, mereka harus pulang dengan tangan hampa tanpa poin setelah mereka unggul 1-2 sebelum menit ke 70 dan mengakhiri laga dengan kekalahan tipis 3-2.

Namun yang tak kalah menarik dalam laga tersebut adalah, striker mereka yaitu Balotelli telah mendapatkan peringatan kartu kuning pada menit ke-74, dimana striker Nice itu mendapat hukumannya setelah memberitahu wasit Nicolas Rainville, tentang nyanyian rasis dari penggemar Dijon.

Mario Balotelli Yellow Card for reporting racisme

Mario Balotelli mendapat kartu kuning karena melaporkan rasisme

“Dans l’intervalle, Mario Balotelli a hérité d’un carton jaune, après… s’être agacé d’insultes racistes du public. ” ungkap Nice dalam media sosial resmi miliknya yang artinya kurang lebih “Sementara itu, Mario Balotelli mewarisi kartu kuning, setelah … merasa terganggu dengan penghinaan rasis dari publik. “.

Kick It Out pun meminta tindakan yang harus diambil terhadap pejabat yang bersangkutan. Mereka pun memberikan pernyataan dengan mengatakan, “Kick It Out sangat terkejut melihat Mario Balotelli mendapatkan kartu untuk membawa perhatian wasit dugaan rasis yang diarahkan kepadanya oleh pendukung Dijon,” .

“Itu tidak dapat diterima dan salah untuk melihatnya sekali lagi, seorang pejabat pertandingan gagal menerapkan protokol UEFA – di tempat selama beberapa tahun – yang memerlukan tindakan yang harus dilakukan untuk menghentikan permainan guna menangani penyalahgunaan yang menyinggung itu. “.

“Meskipun Kick It Out ada di dalam sepak bola Inggris, namun organisasi tersebut telah berhubungan dengan jaringan anti-diskriminasi terhadap Football Against Racism in Europe (FARE) untuk melihat tindakan apa yang akan mereka lakukan untuk membawa hal ini dengan pejabat Ligue 1.”.

Mario Balotelli reporting racisme

Mario Balotelli melaporkan kondisi rasis yang dilakukan oleh pendukung Dijon

“Organisasi tersebut mengharapkan tanggapan yang kuat dari otoritas sepak bola Prancis dalam mengutuk baik nyanyian rasis yang dituduhkan dari pendukung Dijon dan kegagalan wasit untuk mengikuti protokol untuk menghentikan tingkah laku tersebut, dan juga keputusan untuk menggabungkan pengalaman Balotelli sebagai korban dengan mendapatkan kartu kuning. Dia hanya meminta petugas pertandingan untuk melakukan pekerjaannya. ” .

Sungguh sangat disayangkan seandainya pertandingan yang menyenangkan dirusak oleh perilaku diskriminatif, termasuk rasisme seperti yang dialami oleh Mario Balotelli, dimana ia justru mendapat kartu kuning saat ia melaporkah masalah tersebut. Semoga Kick It Out yang merupakan sebuah organisasi memerangi rasisme tersebut dan FARE, mampu memberikan sesuatu agar tak terjadi lagi dikemudian hari.