Perjalanan Karir Kevin Mirallas Hingga Saat ini

Apakah Anda tahu pemain timnas Belgia yang saat ini membela klub asal Yunani setelah dipinjamkan selama setengah musim kedepan dari klub asal Inggris? Ya ia adalah Kevin Mirallas yang telah kita bahas diartikel sebelumnya tentang profilnya, fakta yang menarik dan WAGs-nya. Namun kali ini kita akan membahas perjalanan karir awalnya disepak bola hingga saat ini dilibatkan di timnas Belgia dan dilibatkan dalam kompetisi Piala Dunia 2018.

Karir Junior

Pemain kelahiran kota Liege di Belgia itu mengasah dirinya di akademi klub papan atas di kotanya yaitu Standard Liège, saat ia berusia 12 tahun pada tahun 1999. Tak seperti kebanyakan pemain lain yang sering berpindah klub, ia tetap bersama Standard hingga lima tahun kemudian ia meninggalkan Belgia untuk bergabung menuju tim utama LOSC Lille di Prancis.

Karir Senior

Kevin Mirallas saat cetak angka bersama Lille

Kevin Mirallas saat cetak angka bersama Lille

Musim pertama bukanlah musim yang baik untuknya, dimana ia harus bersabar saat dimainkan sebanyak tiga kali di Ligue 1. Meskipun demikian ia pun berhasil menyumbangkan sebuah gol. Dimusim berikutnya, ia perlahan-lahan berhasil menancapkan namanya di lapangan dimana ia telah mencetak 10 gol dari 86 pertandingan yang melibatkannya selama tiga musim. Dan Mirallas akhirnya bergabung mernuju rivalnya Saint Etienne dengan tebusan sebesar 4 juta eruro.

Di musim 2008-09 itu, ia hanya bisa menghasilkan empat gol dari 40 pertandingan yang melibatkannya disemua kompetisi, sementara dimusim berilkutnya ia hanya mencetak gol semata wayang dari 29 pertandingan yang melibatkannya.

Pada musim panas 2010, raksasa sepak bola Yunani yaitu Olympiacos Piraeus, tertarik dengan potensi yang ada padanya dan akhirnya berhasil memboyongnya dengan status pinjaman senilai 810 ribu poundsterling. Ia pun berhasil dengan baik tersebut dimana ia menyumbangkan 14 gol dan lima assist dalam 33 pertandingan yang melibatkannya di semua kompetisi. Hal ini membuat klub tersebut meraih glar juara Superleague Greece dan dihadiahi kesepakatan permanen dengan biaya 2,5 juta euro.

Mirallas  pun tampil memukau dimana dalam musim keduanya di Yunani, ia menyarangkan 20 gol dan delapan assist dari 38 pertandingan yang melibatkannya disemua kompetisi yang membuatnya menjadi top scorer Superleague Greece dan Superleague Greece player of the Season. Ia pun berhasil membantu timnya meraih gelar juara kompteisi tersebut serta Greek Football Cup.

David moyes saat menandatangani Kevin Mirallas

David moyes saat menandatangani Kevin Mirallas

David Moyes yang saat itu mengasuh Everton tertarik kepadanya dan berhasil merekrutnya ke Inggris dnegan biaya 6 juta poundsterling pada musim panas 2012 lalu. Sayangnya performanya di Everton tak sebagus sebelumnya saat di Yunani walaupun telah diganti beberapa pelatih. Tercatat hingga kini di musim keenamnya, ia mencetak 38 gol dari 186 pertandingan yang melibatkannya disemua kompetisi.

Kevin Mirallas saat mencetak gol bersama Olympiacos

Kevin Mirallas saat mencetak gol bersama Olympiacos

Dimusim ini, Kevin Mirallas hanya dimainkan sebanyak 13 kali oleh Everton dimana lima diantaranya di Premier League. Dan hal ini membuatnya memilih untuk dipinjamkan kembali menuju mantan timnya di Yunani yaitu Olympiacos, dari Januari kemarin, hingga musim ini berakhir.

Karir Internasional

Mirallas dilibatkan ditimnas Internasional Belgia Junior pertama kali pada tahun 2003 untuk U-16, dimana ia mencetak delapan gol dari 10 laganya saat itu. Dimusim berikutnya, ia dilibatkan di U-17, dengan tujuh gol dari 13 pertandingan yang melibatkannya. Pada tahun 2005 Ia hanya dilibatkan sebanyak empat kali di U18 karena ia digunakan di U19 pada tahun yang sama dimana ia menghasilkan enmpat gol dari 16 pertandingan tahun itu. Dan terakhir pada musim 2006-2007,  Ia dilibatkan sebanyak lima kali dengan tebusan dua gol.

Kevin Mrallas saat cetak skor untuk timnas Belgia

Kevin Mrallas saat cetak skor untuk timnas Belgia

Pada tahun 2007, ia dipanggil oleh timnas senior Belgia namun mencetak gol untuk pertama kalinya dikontes internasional pada saat 22 Agustus 2007 saat kompetisi kualifikasi Euro 2008 menghadapi Serbia. Dan hingga kini ia mencetak 10 gol dari 57 pertandingan yang melibatkannya sejak saat itu.

Demikianlah perjalanan karir dari Kevin Mirallas hingga saat ini, yang akan dipastikan bertambah lagi kedepannya mengingat usianya masih 30 tahun. Apalagi dalam waktu dekat ia akan dilibatkan di kompetisi Piala Dunia untuk timnas Belgia.