Roman Burki Buat Rekor Penyelamatan Dan Clean Sheet Terbaik Musim ini

Penjaga gawang dari Borussia Dortmund yaitu Roman Burki, telah resmi membuat rekor Bundesliga baru untuk musim ini dengan mencatatkan dirnya dengan 11 kali penyelamatan saat menjalani pertandingan terakhirnya menghadapi Borussia Monchengladbach. Selain itu ia telah memiliki catatan clean sheet yang lebih baik pada musim ini2017/18 dibandingkan dengan penjaga gawang lainnya di divisi tersebut, dimana paling mendekatinya adalah sembilan kali.

Roman Burki save from Gladbach

Roman Burki saat menghadapi Gladbach 2018

Memang pada pagi dini hari tadi, pukul 00.00 WIB, Dortmund menghadapi Gladbach dalam ajang kompetisi Bundesliga putaran ke 23 dan berhasil meraih kemenangan tipis dengan skor 0-1. Meskipun demikian, mereka mengalami laga yang sulit karena Gladbach sangat agresif menyerang dimana hingga akhir laga mereka meluncurkan 28 tembakkan ke gawang Burki sementara Dortmund hanya 8 kali.  Ini merupakan jumlah tembakan terbanyak daripada yang mereka dapatkan dalam pertandingan apapun sejak Oktober 2010 lalu. Terakhir kali BVB menghadapi begitu banyak tembakan dari tim lawan pada bulan April 2009. Namun Burki membuat rekor Bundesliga baru untuk musim ini dengan membuat 11 menghemat satu pertandingan.

Pemain asal Swis tersebut sempat mengungkapkan pendapatnya dalam aksi yang dilakukannya. “Saya merasa sakit diseluruh badan, itu menunjukkan kemenangan yang sulit. Tapi itu bagian tak terpisahkan dari permainan, sulit untuk bermain sepak bola di lapangan ini. Sejujurnya saya tidak pernah mengalami permainan seperti di tempat lain. Itu sangat sulit dimainkan. Karena itulah sebabnya kami harus bermain banyak bola panjang. Di babak pertama kami memenangkan beberapa ‘bola kedua’, tapi setelah istirahat kami menang sangat sedikit. ”

Pemain berusia 27 tahun itu sempat tergelincir satu atau dua kali saat lawan memainkan bola panjang dan Ia juga mengungkapkan seberapa sulitnya lapangan untuknya sebagai kiper dengan mengatakan, “Itu sangat sulit. Terutama untuk bola mati, lebih sulit untuk memposisikan bola dengan baik.Tapi para pemain membantu saya, meskipun, mereka tidak bisa mengembalikan bola kembali kepada saya terlalu banyak. Namun permainan passing pendek dan rendah menjadi tidak mudah.”.

Monchengladbach vs Dortmund 2018

Lapangan pertandingan saat Dortmund menghadapi Monchengladbach 2018

Memang penjaga gawang andalan Dortmund Roman Burki itu, telah resmi membuat rekor Bundesliga baru untuk musim ini, dengan mencatatkan dirnya dengan 11 kali penyelamatan saat menjalani pertandingan terakhirnya dan memiliki catatan clean sheet yang lebih baik pada musim ini dibandingkan dengan kiper lainnya di divisi tersebut, namun perjalanannya masih panjang hingga akhir kompetisi usai dan ia harus tetap memperjuangkan performanya dimana tim lainnya menempel ketat di bawah peringkat mereka.