Saint Etienne Ingin Boyong Bek Kanan Arsenal Yang Tak Terpakai

Mathieu Debuchy, Arsenal, Saint Etienne

Mathieu Debuchy Arsenal

Pemain bek kanan Arsenal yaitu Mathieu Debuchy sepertinya bisa kembali lagi ke negaranya, pasalnya sejak kedatangannya di Arsenal hingga saat ini Ia semakin jarang dimainkan oleh klubnya. Karena itulah diyakini ia sedang mencari waktu bermain lebih, dan diketahui ada klub di Prancis yang ingin menggunakan jasanya.

Debuchy mengawali karirnya pada usia tujuh tahun di Union Sportive Freti, dimana setahun kemudian Ia pun beralih mengasah dirinya di Lille. Setelah berujang selama sepuluh tahun di akademi, Ia pun berhasil mendapatkan tempat diklubnya seiring dengan waktu, Ia sempat mencicipi gelar Ligue 1 pada tahun 2010-11, bahkan  mencetak lima gol dimusim setelahnya

Akhirnya  pada Januari 2013, ia diboyong menuju Liga Iggris membela Newcastle United, dengan tebusan 5,5 juta poundsterling dengan masa bakti lima setengah tahun. Namun baru berjalan satu tahun setengah, Ia direkrut oleh rivalnya Arsenal dengan tebusan 12 juta poundsterling.

Sayang langkahnya bersama raksasa di liga Inggris tersebut tak sebesar karirnya, dimana ia jarang diturunkan ke lapangan dari musim perdananya. Sempat dipinjamkan selama setengah musim bersama Bordeaux pada tengah musim kedua 2015-16. Namun saat kembali ke Emirates Stadium, ia pun tak mendapat tempat dibawah asuhan Arsene Wenger. Bahkan dimusim ini, Ia tak pernah dimainkan satu kali pun di Premier League, walaupun Ia sempat sempat kali diturunkan di Liga Eropa, dua kali Legue Cup dan sekali di FA Cup.

Jelas ia memiliki masa depan yang suram di London Utara. Dan mMenurut media Telefoot,  pemain yang berusia 32 itu bisa kembali ke Prancis Januari ini, walaupun masih tersisa 18 bulan lagi hingga kontraknya berakhir.

Disisi lain, Saint-Etienne sedang menunjukkan besarnya ambisi mereka untuk terhindar dari zona degradasi, pada musim ini dan diketahui bahwa Mathieu Debuchy adalah target terakhir mereka setelah melakukan hal yang sama dengan mantan gelandang Sunderland yaitu Yann M’Vila.

Debuchy sendiri sempat mengatakan kepada RMC Sport, “Saya ingin pergi, untuk menemukan tantangan baru di bulan Januari. Fakta bahwa saya bermain bagus akan memberi saya kesempatan. Kita lihat apakah ada peluang bagus di bursa transfer. Aku terbuka (dengan penawaran yang ada.”.