Schmelzer Ajak Rekannya Untuk Membalas Kebaikan Bosz Dengan Kemenangan

Marcel Schmelzer, Peter Bosz, Borussia Dortmund

Marcel Schmelzer Peter Bosz

Marcel Schmelzer selaku kapten kesebelasan Borussia Dortmund, telah mendukung segala usaha pelatihnya yang baru didatangkan sejak musim panas lalu. Ia pun mengajak rekan setimnya untuk membalas hasil karya sang pelatih  dengan memberikan sesuatu kembali (yaitu kemenangan) melalui media Kicker.

Memang Dortmund telah turun peringkat dari puncak klasemen menjadi posisi ketiga di Bundesliga dan harus menerima kenyataan bahwa mereka tersingkir dari Liga Champions. Ini terjadi dalam waktu satu bulan dimana mereka memiliki jadwal padat, menjalankan tujuh pertandingan yang bergejolak.

Bosz sendiri telah mendapat kecaman karena lini pertahanannya yang tinggi dalam sistem 4-3-3, tak sekuat kelihatannya. Dan hal ini menjadi pertanyaan apakah mantan pelatih Ajax tersebut mampu membalikkan keadaan dalam waktu dekat.

Hirarki Dortmund sendiri masih mendukung Bosz dan kapten Schmelzer juga melakukan hal yang sama, yang mengatakan, “Dengan pendekatannya yang tenang dan analitis, dia menyampaikan perasaan yang baik kepada tim. Dia tahu apa yang dia lakukan. ”

“Dia terkadang dia melindungi kami, namun jangan sampai kami bersembunyi di belakangnya. Tugas kami adalah untuk mengembalikan sesuatu kepada pelatih. “. ia menambahkan, “Kami pemain seharusnya tidak bersembunyi di balik diskusi tentang sistem dan taktik yang membawanya ke publik. Kami harus tampil lagi dalam situasi yang kami hadapi saat ini.”.

Tercatat dalam empat pertandingan terakhir Bundesliga, Dortmund telah kebobolan 12 gol dan hanya mengambil satu poin saat bermain imbang menghadapi Eintracht Frankfurt.

Tapi Schmelzer juga mengungkapkan bahwa kualitas tim bukanlah penyebabnya. Ia mengatakan, “Kualitas? Saya tidak berpikir itu masalahnya. Ini adalah perpaduan beberapa hal. Apalagi dengan pemain muda, kepercayaan diri yang menurun menjadi perhatian. Namun pemain muda harus melalui proses bahwa selalu meraih kemenangan bukanlah satu-satunya cara (untuk belajar) dan terkadang mereka juga tak berada skuad. Mereka pasti akan tumbuh dan kembali kuat. “.

“Kami tidak memiliki satu masalah besar, tapi beberapa yang lebih kecil.”

Schmelzer juga mengatakan bahwa masalah tersebut termasuk empat pemain belakang yang tidak selaras, kurangnya koordinasi diantaranya dan kurangnya kealamian untuk membangun tekanan pada lawan yang sedang menyerang.

Sementara itu, presiden Dortmund yaitu Reinhard Rauball mengatakan bahwa Dortmund tetap berada di jalur untuk mencapai tujuan mereka musim ini.

“Kami tidak mengatakan bahwa kami harus memenangkan liga, namun lolos ke Liga Champions,” katanya. “Saya termasuk orang-orang yang memiliki pandangan kritis tentang apa yang perlu dilihat secara kritis. Tapi saya juga termasuk orang-orang yang mempercayai orang-orang yang bertanggung jawab atas tim olahraga, dan itu belum hancur.”.

Setelah jeda Internasional, Dortmund akan mencoba membuktikannya saat berkunjung kekandang Stuttgart pada tanggal 18 November mendatang pukul 02.30 WIB dalam kompetisi Bundesliga.