Sering Dihujani Kritik, Emery Terima Dengan Senyum

Unai Emery

Unai Emery mengaku sudah terbiasa menghadapi kritik dan bekerja keras berdasarkan kritik tersebut. Juru taktik Arsenal ini tidak keberatan dengan kritik yang sering diterimanya belakangan ini, Emery justru mengaku sebagai kritikus terbesar pada dirinya sendiri.

Musim 2018/2019 ini merupakan musim debut Emery membesut The Gunners. Sebenarnya dia sudah menjalani musim pertama ini cukup baik, mengingat pelatih mana pun pada umumnya cukup kesulitan di musim pertama. Pun demikian, dia tetap dihujani kritik.

Emery dinilai gagal mempertahankan performa Arsenal ketika menjalani laga tandang. Kritik tersebut memang wajar, musim ini Arsenal sering kehilangan poin ketika bermain sebagai tim tamu, mereka tampil jauh lebih baik ketika jadi tuan rumah.

Mantan pelatih Sevilla dan Paris Saint-Germain ini mengakui bahwa performa timnya memang kurang maksimal ketika bermain di kandang lawan.

Kritik Diri Sendiri
Menurut Emery, kritik merupakan hal yang dibutuhkan agar tim bisa berkembang. Dia mengakui The Gunners harus tampil lebih baik saat bertandang, tapi itu tidak mudah. Emery menyadari ada masalah yang belum terselesaikan.

“Kritik pertama saya adalah diri saya sendiri. Saya bekerja berdasarkan kritik pada diri saya karena saya tahu bahwa kritik bisa membuat kami lebih baik. Ketika bermain kandang dan tandang, kami bekerja dengan kemungkinan untuk menembus empat besar,” ungkap Unai Emery dalam situs resmi Arsenal.

“Namun, kami tahu itu tidak mudah. Beberapa waktu yang lalu, kami berada di situasi yang sama, dan saya pikir kami kuat di kandang. Dan saya yakin bahwa kami harus tampil lebih baik saat bertandang.”

Mengembalikan Kepercayaan Diri
Lebih lanjut, Emery menilai performa tandang Arsenal menurun karena kehilangan kepercayaan diri. Dia meyakini Arsenal sempat tampil oke dalam laga tandang di awal-awal musim, tapi performa mereka menurun setelah titik tertentu.

“Kami memulai laga tandang dengan sangat bagus, juga mengubah mentalitas kami untuk mendapatkan poin sebanyak mungkin, tapi sekarang kami harus mengembalikan kepercayaan diri ini. Mengembalikan performa ini, dan kesempatan berikutnya adalah melawan Huddersfield Town akhir pekan ini.”