Setelah Melepaskan Saint Etienne Satu Setengah Bulan Lalu, Oscar Garcia Melatih Olympiakos

Oscar Garcia, Olympiakos, Saint Etienne

Oscar Garcia menuju Olympiakos

Mantan pelatih AS Saint-Etienne yaitu Oscar Garcia yang baru saja meninggalkan jabatannya satu setengah bulan yang lalu, kini telah menemukan pekerjaan kembali. Taktikal asal Spanyol tersebut kini resmi sebagai pelatih Olympiacos FC, yang bermain di Superleague Yunani.

Pelatih berusia 44 tahun tersebut, mengawali karir sepak bolanya menjadi pemain di beberapa klub besar Spanyol seperti Barcelona, Valencia, Espanyol  dan menggantung sepatu pada musim panas 2005 di UE Lleida yang kini sudah diliquidasi menjadi Lleida Esportiu yang bermain di lapis ketiga kompetisi sepak bola Spanyol.

Ia kemudian memulai karirnya sebagai asisten pelatih di timnas Catalonia menjadi asisten pelatih dari Johan Cruyff pada tahun 2009, namun dimusim berikutnya , Ia melatih tim muda Barcelona.

Ia pun sempat menjadi pelatih utama di Maccabi Tel Aviv dan Brighton & Hove Albion, Watford, Red Bull Salzburg, dan terakhir di musim panas 2017-18 kemarin, ia menggantikan Christophe Galtier untuk mendongkrak performa Saint-Etienne yang mengakhiri kampanye dengan peringkat kedelapan musim lalu.

Sayangnya setelah ia mampu berjuang keras untuk mempertahankan masuk dalam tujuh besar klasemen, diputaran ke 12 ia melihat timnya dipermalukan oleh Lyon di kandang sendiri di putaran ke 12 Ligue 1, ia pun meninggalkan klub di bulan November kemarin.

Namun hari Jumat kemarin, jawara liga tertinggi kompetisi sepak bola Yunani musim lalu yaitu Olympiacos, mengumumkan Oscar sebagai manajer baru mereka menggantikan Takis Lemonis, yang mengucapkan rasa terima kasih kepada klub tersebut sehari sebelumnya.

Lemonis sebenarnya hanya mengambil alih klub sementara saja dimana Olympiacos ditinggalkan Besnik Hasi pada bulan September. Pelatih asal Yunani tersebut membawa klub mencicipi 10 kemenangan yang ditebus dengan enam kali kekalahan dari 18 pertandingan di semua kompetisi di musim ini.

Diketahui Garcia memiliki durasi kontrak yang belum ditentukan oleh Olympiakos, namun beberapa media Yunani menyebutkan bahwa persinggahannya  di klub raksasa Yunani tersebut memiliki masa bakti hingga satu setengah tahun, sampai akhir musim 2018-2019, dimana ada opsi tambahan untuk perpanjangan di akhir tanggal tersebut.

Saat ini, Olympiakos berada diperingkat  pertama klasemen Superleague Yunani namun hanya memiliki selisih satu poin dengan peringkat dibawahnya yang diisi oleh AEK Athens FC dan PAOK.