Tottenham Sudah Lebih Baik Daripada Musim Lalu

Musim ini cukup menjadi ajang unjuk gigi untuk Tottenham Hotspur. Walaupun lagi-lagi gagal juara Premier League, Tottenham mampu bertahan di persaingan gelar dan menekan sang juara, Chelsea di hampir sepanjang musim.

Musim lalu Tottenham Hotspur, tampil sebagai salah satu kejutan di Premier League. Squad asuhan Mauricio Pochettino yang diisi oleh pemain-pemain muda terlibat dalam persaingan gelar hingga pekan-pekan terakhir.

Meski pada akhirnya harus mengakui keunggulan Leicester City, Tottenham menyita perhatian karena menampilkan permainan yang atraktif dan menyerang. Tapi di musim itu, kegagalan juara juga memberikan pukulan mental yang telak hingga The Lilywhites dilewati Arsenal di pekan-pekan terakhir. Harry Kane dan kawan-kawan pun hanya finis di tempat ketiga.

Musim ini Tottenham Hotspur sempat diragukan bisa kembali terlibat persaingan gelar. Sebab tim-tim besar melakukan perombakan secara signifikan, antara lain Chelsea, Manchester City, dan Manchester United yang juga mendatangkan manajer-manajer top.

Nyatanya Tottenham Hotspur membuktikan semua anggapan itu salah keliru. Tim London Utara ini kembali terlibat dalam persaingan gelar. Walaupun pada akhirnya kembali gagal usai kalah 0 – 1 dari West Ham United dua pekan lalu, tapi setidaknya mereka sudah menjawab keraguan dengan cukup meyakinkan.

“Ada banyak sisi positif yang bisa petik. Kami semua memang kecewa karena tidak berhasil mengejar Chelsea dan memenangkan liga. Tapi di sisi lain, Chelsea bermain sangat baik musim ini,” ungkap Dele Alli kepada Sky Sports.

“Tapi yang penting adalah kami tidak lupa jika ada banyak hal yang sudah kami lakukan. Kami melihat ini sebagai sesuatu yang baik dan ini adalah titik bagus bagi kami untuk terus memperbaiki diri,” kata Dele Alli seperti yang dilansir dari Standard.

Tottenham Hotspur setidaknya juga memperbaiki posisi mereka di papan klasemen, mengingat posisi dua sudah terkunci. Alli menegaskan musim ini sudah menjadi pelajaran dan pengalaman baru untuknya dan rekan-rekan di Tottenham.

“Musim ini juga kami berhasil membuktikan jika mental kami sudah lebih baik daripada musim lalu. Kami bersaing memperebutkan juara sepanjang musim, ada periode dimana kami menang secara berturut-turut dan Chelsea juga menang,” tutup Dele Alli.